Saturday, March 24, 2012

Projek Pribadi Hari Ini (2)

MENJADI PENASIHAT
YANG BAIK BAGI DIRI SENDIRI
Sahabatku yang sering digelisahkan oleh ketidak-teraturan sikap dan kurang tepatnya keputusan, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …
Tuhanku Yang Maha Sejahtera,
Terima kasih atas pengertian yang indah di pagi yang penuh harapan ini, bahwa …
Tidak ada orang bisa menjadi hebat dan sukses, jika dia penasihat yang buruk bagi dirinya sendiri.
Jika aku kesal dengan diriku yang masih sering membuat kesalahan, itu adalah tanda bahwa aku masih sering menasihatkan sikap dan tindakan yang tidak tepat kepada diriku sendiri.
Aku harus segera menghentikan kebiasaan menasihati diriku sendiri dalam kemarahan, dalam perasaan takut rugi, atau dalam perasaan takut tak kebagian jika aku tetap menjadi orang jujur.


Tuhan, dampingilah upayaku hari ini untuk menjadi penasihat yang sabar dan anggun bagi diriku sendiri, agar aku membantunya segera keluar dari kebiasaan menunda, mengeluh dan menyalahkan orang lain dan keadaan, dan mendahulukan yang tidak penting, yang hanya merusak kedamaian dan kesehatanku.

Tenagailah kesungguhanku untuk sepenuhnya bertanggung-jawab atas kebaikan hidupku sendiri.

Tuhan, jadikanlah aku pribadi dewasa yang anggun, yang pantas bagi kedudukan yang baik dan kesejahteraan yang penuh berkah.

Aamiin
----------

MENJADI PRIBADI PILIHAN

Engkau yang hatinya merindukan perhatian dan perlakuan yang indah dari sesama dan kehidupan, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Kuasa, yang keajaibanNya meliputi segala sesuatu,

Terima kasih atas pengertian yang indah di pagi yang penuh kemungkinan ini, bahwa:

Setiap orang setiap hari memilih. Baik atau tidak hidupnya ditentukan oleh ketepatan pilihannya.

Dan,

Seseorang menjadi pribadi pilihan, karena ketepatan pilihannya.

Aku harus memilih. Aku tak boleh bingung terkoyak antara pilihan-pilihan. Karena,

Tidak memilih adalah sudah memilih.

Jika aku dikenal sebagai pribadi peragu yang tidak tegas memilih, aku akan dipilih untuk dicemooh dan direndahkan karena kecilnya hatiku.

Tapi jika aku tegas memilih, salah atau benar, orang lain tetap menghormati ketegasanku.

Lebih baik salah dengan gagah, daripada salah karena mengasihani diri sendiri dalam perasaan terancam oleh ketidak-tegasannya sendiri.

Tuhanku Yang Maha Mulia,

Restuilah kesungguhanku untuk berlaku lebih tegas dalam pilihan-pilihanku, agar Engkau jadikan aku sebagai pribadi pilihan sesamaku.

Jika aku terpilih, aku tak harus memilih lagi, karena apa pun yang ada dalam hidupku adalah pilihan Tuhan.

Aamiin
----------

HIDUP DILIPUTI OLEH KASIH SAYANG

Sahabatku yang baik hatinya, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Penyayang,

Terima kasih atas pengertian indah yang kudapat pagi ini, bahwa …

Satu-satunya cara untuk hidup diliputi oleh kasih sayang, adalah menyayangi mereka yang meliputiku.

Maafkanlah aku yang sering lebih memperhatikan mereka yang jauh dan yang tidak akan menolongku jika aku jatuh atau gagal.

Aku sering lupa bahwa keluarga adalah sebaik-baiknya tempat pulang.

Dan tujuan dari semua keberhasilan, adalah pulang ke rumah dalam perasaan damai.

Tuhan, restuilah kesungguhanku hari ini untuk menjadi pribadi yang lebih penyayang, yang memperlakukan keluarga dan sesama dengan penuh hormat.

Semoga dengannya, Engkau memerintahkan kehidupan ini untuk berlaku penuh hormat juga kepadaku.

Aamiin
----------

MEMANTASKAN DIRI BAGI CINTA YANG INDAH

Sahabatku yang baik hatinya,

Kualitas yang terpenting bukan pada orang yang kau harapkan menjadi belahan jiwamu,
tapi padamu yang akan jatuh cinta kepadanya.

Jika engkau tidak membeningkan hati,
tidak menjernihkan pikiran,
dan tidak mengindahkan perilakumu;
engkau akan mudah jatuh cinta kepada pribadi yang akan mengecewakanmu.

Belahan jiwamu hanya seindah jiwamu.

Maka katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Cinta,

Bantulah aku hari ini untuk melembutkan suaraku, meneduhkan wajahku, dan menganggunkan perlakuanku kepada keluarga dan sesamaku, agar indah cinta di dalam keluargaku, dan agar aku Kau temukan dengan belahan jiwa yang pekertinya indah.

Jika aku belum sesuai bagi belahan jiwa yang indah, yang sedang Kau simpan itu, aku mohon Engkau memudahkan perubahan sikap dan perilakuku, agar aku segera Kau ijinkan untuk dimanjakannya dalam pernikahan yang mesra dan setia.

Mohon jangan lama-lama ya Tuhan?

Aamiin
---------------

MUDAH MENERIMA ILHAM

Sahabat saya yang baik hatinya,

Apakah Anda ingin menerima pengertian, atau ilham, atau inspirasi tentang apa yang harus Anda lakukan untuk keluar dari masalah dan membangun kemandirian hidup yang baik?

Jika ya, maka bersihkanlah hati Anda dari kemarahan dan kebencian, dan hapuslah rencana pembalasan dari pikiran Anda.

Anda tidak mungkin menerima kebaikan, jika hati dan pikiran Anda sibuk untuk merencanakan sesuatu yang menjadikan Anda sama buruknya dengan orang yang telah melukai Anda.

Maka katakanlah ini sebagai kalimat Anda sendiri,

Tuhanku Yang Maha Menyegerakan,

Bantulah aku untuk mengedepankan perasaan dan pikiran baik, sehingga aku lebih peka menerima pengertian dariMu mengenai apa yang harus kulakukan untuk keluar dari kesulitan dan derita hatiku.

Rahmatilah upayaku untuk menjadi pribadi yang tak mencegah datangnya ilham.

Tenagailah kesungguhanku untuk mengindahkan hati, pikiran, dan perilakuku, agar aku menjadi magnet rezeki yang baik dan lancar.

Aamiin
---------------

MENJADI PRIBADI YANG LEBIH DAMAI

Sahabatku yang merindukan kehidupan yang damai, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Damai,

Terima kasih atas pengertian yang indah di pagi ini, yang berkahnya bagiku sesuai dengan kebaikan hati dan perilakuku, bahwa …

Kedamaian bukanlah keadaan yang tanpa masalah.

Kedamaian adalah keadaan di mana keikhlasan menjadi penenang hatiku, dan kesyukuran menjadi penggembira keseluruhan diriku.

Kedamaian adalah keadaan di mana kebaikan niatku mengalahkan kecenderunganku untuk berprasangka buruk, dan ketulusan kerjaku lebih berkuasa daripada rasa malasku.

Kedamaian adalah keadaan yang tetap bermasalah, tapi aku ikhlas meyakini bahwa kemampuanku lebih besar daripada masalahku.

Kedamaian adalah keadaan yang mungkin lebih bermasalah, tapi aku mampu mensyukurinya karena setiap kesulitan datang bersama kemudahan.

Dan kedamaian adalah keadaan di mana rasa percaya diriku lebih anggun daripada rasa khawatirku.

Ooh … Tuhanku Yang Maha Kasih,

Manjakanlah aku dalam sinar pengertianMu yang indah, bahwa kedamaian adalah hasil dari keberserahanku kepadaMu.

Semakin aku menyerahkan kepemilikan diri dan hidupku ini kepadaMu, semakin besar cintaMu yang mendamaikan hatiku, semakin indah kasihMu yang meneduhkan wajahku, semakin lembut kemuliaanMu yang menganggunkan perilakuku, dan semakin luas kekayaanMu yang melengkapi kehidupanku.

Tuhan, mulai pagi ini penuhilah kerinduan hatiku untuk menjadi pribadi yang damai karena hidayahMu, karena pengertian dariMu yang membaikkan hidupku.

Anugerahkanlah kepadaku kekuatan jiwa yang menjadikan kedamaian sebagai kualitas hidup yang ada dalam kekuasaanku.

Aamiin
---------------

MENJADI PRIBADI YANG LEBIH PERCAYA DIRI

Sahabatku yang letih dengan tidak cukupnya rasa percaya diri untuk menghadapi kehidupan yang tidak mudah ini, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Perkasa,

Terima kasih atas pengertian bahwa:

Rasa percaya diri adalah rasa yakin atas kesungguhanku
untuk melakukan yang telah kuniatkan untuk kulakukan,
untuk menyelesaikan yang menjadi tugasku,
dan untuk bertanggung-jawab atas dampak apa pun dari tindakanku.

Hari ini, aku akan mulai hidup dengan kesungguhan untuk membangun diri yang bisa kupercayai.

Karena, aku tak mungkin hidup gagah dalam rasa percaya diri, jika aku tak mempercayai diriku sendiri.

Aku akan menghentikan kebiasaan membohongi diri sendiri, karena lama kelamaan diriku akan belajar untuk tidak mempercayaiku.

Dan itulah yang disebut ‘tidak percaya diri.’

Percaya diri, adalah mempercayai janjiku sendiri, bahwa aku akan mendahulukan yang penting, dan menghindari hal-hal yang tidak menguatkanku.

Aku tak mungkin menghormati diriku, jika aku tak mempercayai diriku sendiri. Dan pasti itulah alasan bagi kurangnya penghormatan dari orang lain kepadaku.

Tuhanku, jika aku ini jiwa biasa yang tak penting bagiMu, maka tidak mungkin Engkau menggerakkan demikian banyak orang dan kejadian untuk menuntunku menemukan keindahan yang telah lama terajut di dalam diriku.

Terima kasih Tuhan, kini aku menyadari bahwa aku bukan jiwa biasa.

Semoga Engkau menguatkan hati dan pikiran dari kekasihMu yang kecil ini,
untuk menjadi pribadi yang jelas dengan apa yang kumau, yang tegas memulai yang harus kumulai, dan yang tabah menyelesaikan yang harus kuselesaikan.

Mulai hari ini, aku tidak akan berjanji bahkan kepada diriku sendiri - kecuali aku bersungguh-sungguh untuk melaksanakannya.

Tuhanku Yang Maha Kaya,

Bahagiakanlah aku dalam kehidupan yang damai dan sejahtera, yang mensyukuri diriku yang setia kepada niat dan pekerjaan yang baik.

Aamiin
---------------

MENEMUKAN KEINDAHAN BARU DALAM DIRIKU

Sahabat saya yang letih dengan diri dan keadaan yang rasanya begini-begini saja, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri ...

Tuhanku Yang Maha Pembuka Hati,

Aku mohon bantuanMu untuk menghentikan kebiasaanku mengeluhkan sulitnya kehidupan, karena dengannya pandanganku buta terhadap kemungkinan baru.

Maafkanlah aku jika aku terkadang bersikap seolah penderitaanku permanen, dan sinis mengomentari keberhasilan orang lain.

Aku ingin melihat kemudahan yang datang bersama kesulitan, menyambutnya dengan ramah, dan mulai berupaya untuk menjadikan kemudahan itu sebagai kedamaian dan kesejahteraan yang nyata.

Semoga dengannya, Engkau mengijinkanku untuk menemukan keindahan baru dalam diriku.

Sesungguhnya, keindahan diri dan perilakuku adalah penentu keindahan hidupku.

Tuhan, bahagiakanlah aku hari ini dan di hari-hari yang panjang ke depan.

Aamiin
---------------

MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BERSEGERA

Sahabatku yang sering tak sabar menanti perubahan hidupnya, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …

Tuhanku Yang Maha Menyegerakan,

Engkau telah menetapkan bahwa upayaku adalah pengubah nasibku.

Maka, jika upayaku baik, akan baiklah nasibku.

Dan jika segera aku melakukan yang baik bagi kehidupanku, akan segera juga kebaikan datang kepadaku.

Tuhanku, restuilah kesungguhanku hari ini dan seterusnya, untuk tidak menunda lagi, untuk tidak merasa akan ada waktu lagi nanti, untuk segera melakukan yang penting saat ia kecil dan belum berubah menjadi masalah besar.

Tuhanku Yang Maha Kaya,

Engkau tahu betapa aku merindukan kemampuan untuk menyejahterakan diri dan keluarga tercintaku.

Mampukanlah aku untuk menyediakan gizi yang mengutuhkan kesehatan kami, membangun pendidikan yang baik di keluargaku, dan melengkapi sarana yang menjadikan kehidupan kita aman, damai, dan penuh kegembiraan.

Tuhan, segerakanlah kesejahteraan kami.

Aamiin
----------

MAMPU TERTAWA DALAM KEMARAHAN


Sahabatku yang harus menang menghadapi tantangan kehidupan, katakanlah ini sebagai kalimatmu sendiri …


Tuhanku Yang Maha Melapangkan,


Sesungguhnya aku jiwa yang sedang belajar menjadi terhormat, dan itulah sebabnya aku bersedih hati jika orang lain tak memperlakukanku dengan baik.


Sesungguhnya aku jiwa yang berhak bagi kebesaran hidup, dan itu jugalah yang membuatku marah jika aku merasa orang lain merendahkanku dan berlaku seperti menghalangi keberhasilanku.


Tapi, tidak ada apa atau siapa pun yang mampu menghalangi - jika Engkau berkenan untuk memuliakanku.


KehendakMu tak dapat ditolak atau ditunda oleh siapa pun.


Maka seharusnya, aku tak merasa sedikit pun terusik oleh keburukan hati dan tutur orang lain yang berusaha mengecilkan hatiku.


Aku pemilik hatiku. Tak akan kuijinkan siapa pun melukainya.


Aku penentu nasibku sendiri. Maka apa pun kata dan perilaku orang lain, tidak boleh menurunkan kesungguhanku untuk menjadi pribadi yang damai dan mandiri.


Tuhan menciptakanku untuk bergembira dalam kehidupan yang penuh nikmat ini.


Kemarahan adalah hal yang wajar kurasakan sebagai manusia. Tapi, siapa yang mengatakan bahwa aku tak boleh tertawa dalam kemarahanku?


Hari ini, Tuhanku Yang Maha Perkasa, anggunkanlah hati ini agar aku menjadi pribadi yang mampu tertawa dalam kemarahanku.


Karena,


Aku jiwa baik kecintaan Tuhan yang sudah mampu menertawai masalah di masa laluku, dan aku akan tumbuh menjadi jiwa yang lebih kuat, yang akan mampu untuk tertawa dalam masalah-masalah yang lebih besar lagi di masa depan.


Tuhan, jadikanlah aku pribadi yang kuat, yang gagah, yang anggun hidupnya, dan yang Kau bahagiakan dalam keluarga yang penuh cinta dan sejahtera.


Aamiin
----------

Mohon Anda sertakan 'Aamiin' jika Anda berkenan untuk bergabung bersama para sahabat yang memohon Tuhan menyegerakan jawaban bagi doa kita di pagi ini.
Mario Teguh - Loving you all as always
Sumber: Projek Pribadi Hari Ini: from status Mario Teguh Facebook Pages
http://www.facebook.com/pages/Mario-Teguh
---------------------------------------------
image by vimark@deviantart